MENU

Cerita Anak (2)



Patrik Si Pembohong dan Penyelamat
(Oleh Bayu Putra Pratama & Kristanto)

Pada suatu hari, ada seekor bintang laut yang bernama Patrik. Dia suka berbohong kepada teman-temannya. Suatu ketika, Patrik bercerita kepada teman-temannya bahwa ia pernah mengalahkan seekor hiu. Teman-temannya kagum dan percaya dengan cerita Patrik.
            Patrik dan temannya Muci si cumi-cumi, Rubu si ubur-ubur, dan Rita si gurita sedang asik bermain. Tiba-tiba seekor hiu yang sangat besar datang dan menyerang. Mereka semua berlari ketakutan, tetapi salah satu teman Patrik mengatakan: “Patrik mengapa kau lari, bukannya kamu pernah mengalahkan seekor hiu ?”. Patrik mengaku bahwa ceritanya adalah bohong. Mereka berenang jauh meninggalkan Patrik yang sedang diserang hiu, tetapi nyawa Patrik terselamatkan berkat seorang manusia yang sedang memburu hiu.
            Sebulan kemudian, ada sebuah kapal yang didekati oleh Patrik dan teman-temannya. Tiba-tiba ada seorang penyelam yang ingin menangkap mereka. Akhirnya penyelam itu berhasil menangkap teman-teman Patrik, sehingga Patrik bertekad menyelamatkan teman-temannya.
            Dalam perjalanan, Patrik bertemu seekor ikan badut yang bernama Meno yang sedang sendirian dan tersesat. Patrik mencoba menghiburnya, akhirnya Meno berterima kasih kepada Patrik karena sudah menghiburnya. Kemudian Patrik melanjutkan perjalanan dengan ditemani oleh Meno.
            Saat melanjutkan perjalanan Patrik menemukan sepatu yang bergambar kapal yang menangkap teman-temannya. Mereka langsung mencari, tetapi mereka tidak tahu arah yang akan dituju. Mereka bertemu dengan seekor kuda laut bernama Daku dan langsung menanyakan kepada Daku: “Apakah kamu melihat kapal yang ada digambar sepatu ini ?”. Daku menjawab: “Ya, aku melihatnya pergi kearah timur”. Patrik dan Meno berterima kasih kepada Daku karena sudah memberi tahunya.
           
Setelah berenang jauh, akhirnya mereka menemukan kapal yang menangkap teman-temannya. Mereka bertemu dengan seekor kura-kura yang bernama Raku. Raku berkata pernah melihat teman-teman Patrik yang dibawa oleh seorang penyelam dan dibawa ke penampungan ikan laut.
Akhirnya Raku mengantar Patrik dan Meno ke penampungan ikan laut. Sesampainya di penampungan, Patrik dan Meno melihat teman-temannya yang berada didalam jarring. Patrik langsung menyuruh Muci untuk mengelabuhi penyelam dengan mengeluarkan tintanya yang sangat hitam. Kemudian Raku langsung memotong jaringnya menggunakan kukunya yang sangat tajam dan runcing.
            Setelah berjuang dengan sangat susah, akhirnya teman-teman Patrik berhasil melepaskan diri dari jaring. Mereka semua pulang ke tempat asalnya dengan selamat. Di perjalanan Patrik memperkenalkan Meno dan Raku kepada teman-temannya. Patrik mengaku bersalah dan meminta maaf kepada teman-temannya karena sudah berbohong dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatanya. Teman-teman Patrik memaafkan kesalahan Patrik. Mereka juga berterima kasih kepada Patrik karena sudah menyelamatkannya.
            Setelah sampai dirumah, mereka semua kembali ke rumah masing-masing. Karena Meno tidak mempunyai tempat tinggal, Patrik mengajak Meno untuk tinggal dirumahnya. Akhirnya mereka semua hidup dengan tentram dan damai tanpa gangguan hewan buas.

----------  sampai jumpa lagi  ----------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar