MENU

TERSERAH




TERSERAH
(Karya : Layinatush shifah & Firda Widya )

Kenalkan aku Tino.
Hari ini, hari pertama aku masuk sekolah di sekolah baruku yaitu SMP Negeri 1 Bandungan yang jaraknya nggak terlalu jauh dari rumah baruku ... Aku sering pindah-pindah sekolah kaya gini karena aku harus ikut ayahku dinas. Maklum ayahku seotang TNI jadi keluar masuk kota, keliling dari ujung sampai ujung, haddehh pokoknya capek dech.
Sampai di depan gerbang sekolah nggak sengaja aku nabrak cewek, yahh gak.papa lah Cuma kesalahan kecil. Aku diantar ayahku untuk menemui Bapak panji madya{wali kelas}, karena udah waktunya masuk aku masuk bersama wali kelas VIII itu. Ternyata aku masuk di kelas VIIIa yang murid-muridnya pada pinter, cerdik, jenius katanya. Setelah sampai di kelas aku langsung memperenalkan diri dan semua murid di kelas itu merasa gembira karena ada murid baru yang SuperGanteng kaya aku :D, kecuali satu siswa cewek yang tadi, menurutku dia cantik tapi masak iya dia nggak mau punya temen baru yang SuperGanteng kaya aku. Entahlah.
Di kelas itu nggak ada bangku kosong lagi kecuali satu, di samping cewek tadi yang aku tabrak. Ternyata dia juga kelas VIIIa. Aku langsung aja duduk di sampingnya, dan spontan aku langsung minta ma’af atas kejadian yang tadi. Dia cuma mengangguk. Pelajaran hari ini berlangsung lancar. Saatnya pulangg....
Hari ke-2.
Aku punya temen baru sekarang namanya Reza cowok yang bagus luarnya doang tapi otaknya agak telmi JJJ, rumahnya nggak jauh dari rumahku yang baru. Jadi hari in aku berangkat sekolah sama dia. Dalam perjalanan kami berbincang-bincang. Reza bilang sama aku kalo cewek yang duduk sama aku namanya Nina yang katanya siih primadonanya SMP situ {iyya lah primadona, orang dia cantik, putih, manis, tinggi, pinter lagi} tapi sayang Nina orangnya SuperCuex.
Gak kerasa udah sampai sekolah aja, buru-buru aku masuk e kelas karena jam pertama adalah mapel PKN yang katanya gurunya SuperGalak {dari tadi katanya terus, kapan katamu ???}. Dari tadi dijelasin gak ada yang masuk di otak, yang ada cuma makanan melulu dari tadi, maklum dari pagi belum sarapan. Mungkin aku kelihatan nggak konsentasi mengikuti pelajaran, Bu Rena {guru PKN } tiba-tiba langsung mendekatiku dan aku di kasih pertanyaan, yahhh... namanya orang nggak konsen ya nggak tau apa yang dijelasin tadi. Aku langsung nginjek kaki Nina dan langsung bilang “Mau jawab apa niih, aku tadi nggak dengerin soalnya”, Nina Cuma jawab “Teserah”, hadduh ini cewek kenepa cutek banget siih. Karena aku nggak bisa jawab, akhirnya aku dihukum buat ngebersihin kamar mandi siswa yang luasnya kaya istana. Haddeh LLL. Toilet cowok udah, sekarang tinggal toilet cewek. Waktu aku mau ngebersihin kamar mandi terakhir, pintunya tertutup nggak tau lah, entah kamar mandinya baru direnofasi. Karena penasaran aku dobrak itu kama mandi. Ehhh ternyata di dalem ada orangnya, hadduh gimana niih. Aku langsung lari sekencang mungkin (biar mirip atlet lari gitu JJ), nggak sengaja ketemu sama Reza yang mau ke kantin, aku ikut dia ke kantin. Reza yang kelihatannya ganteng, cool kaya gitu ternyata kalau makan kaya ButoIjjo, semuanya langsung habis, padahal tadi pesen makanannya banyak banget. Karena bel masuk sudah berbunyi kami kembali ke kelas. Tanpa aku sadari ternyata ada tugas Bahasa Indonesia, dan aku harus buru-buru buat tugasnya. Nina yang sedang asyik membaca buku langsung menanyaiku “Belum buat, no ??”, “Belum nihh, eh kalo yang nomer 8 apa ya kira-kira”, dengan enjoynya Nina hanya menjawab “Terserah, itu kan tugasmu bukan tugasku. Jadi pikir aja sendiri. EGP”. Sabar aja kalau aku digituin {aku rak popo L} , mungkin baru kenal jadi nggak terlalu akrab. Tapi yang lain juga nggak se-cutek itu. Tugas belum selesai, gurunya udah datang, haduh ini otak kenapa nggak bisa diajak kompromi sih. Kena hukum lagi. Tapi untung ada temennya yaitu si cowok keren yaitu Reza. Ternyata dia juga nggak buat tugas hari ini, hukumannnya cuma disuruh keluar kelas. “Kita samaan terus ya, no. Memang kita ditakdirkan untuk jodoh no”, cowok yang agak telmi bilang gitu. Sepontan aku langsung kaget lah, aku jadi takut sama dia, jangan-jangan dia suka sama laki-laki atau dia saudaranya Si Emon yang ada di TV. “Haah, kamu lagi demam ya za”; “Nggak no, kan ini cuma bercanda. Biar rame sedikit”. Kami berdua tertawa terbahak-bahak, keras banget suaranya. Dimarahin lagi, eh tepatnya “Tambahan Hukuman”. Menurutku permulaan yang sangat bagus sekali J. Bel pulang sudah berbunyi dan waktunya pulang.
Hari ini aku pulang sendiri lagi karena si Reza ada ekstra volli har ini. Tidak sengaja, aku bertemu dengan Nina. Ternyata rumahnya satu jalur denganku, kami saling berbincang-bincang {tepatnya sih ngintrogasi, aku terus yang tanya}.
Aku  :”Kox jalan, Na.”
Nina  :”Iya lah, kamu kira ngesot ?”
Aku  :”Cutek banget sih kamu.”
Nina  :”Terserah aku dong, aku yang cutek kok kamu yang sewot.”
Aku  :”Iya iya. Memangnya rumah kamu mana ?”
Nina  :”Lihat aja sendiri, nanti juga tahu.”
       “Aku duluan”
Aku  :”Iya, lain kali aku boleh mampir ke rumahmu, kan ?”
Nina  :”Ya terserah kamu.”
Perbincangan yang cukup panjang, ternyata rumahnya satu kompleks denganku. Alhamdulillah akhirnya sampai rumah juga. Belum juga ganti baju udan dipanggil sama bunda. Aku disuruh nganterin barang ke rumah Bpk.Alex, dan ternyata itu rumahnya Nina. Sampai di sana ternyata Ninanya nggak ada, tapi tak apalah yang penting udah tau rumahnya , jadi kalau ada tugas tinggal ke rumah Nina.
“Barangnya udah aku anter,Bun”;”Terima kasih ya kak”
Akhirnya malam pun tiba, saatnya untuk belajar. Aku nggak mau hal seperti tadi terulang lagi.  Jam baru menunjukan jam 20.00 tapi aku udan ngantuk banget. Untung semuanya udah selesai.
Hari ini cerah, surya tinggi gagah, menyinari setiap insan yang menyapanya. Pagi ini melangkah dengan penuh kekuasaan, awan pun mengatakan “Iyya” padaku tentang kekagumannya (hehe J aku puitis kan). Sudah tiga hari aku sekolah dan bahkan satu bangku dengan Nina, tapi kenapa si cewek cantik itu masih saja cutek padaku L. Kalau ditanya jawabannya cuma “Terserah”. Entahlah. Mapel IPS ada tugas kelompok, aku satu kelompok dengan Nina {Assyyikk bisa curi kesempatan niih}.
Aku  :“Nin, tugasnya mau dibuat kapan?”
Nina  :”Terserah
Aku  :”Lho kok terserah, ini kan tugas kelompok Nin?”
Nina  :”Ya terserah kamu, kamu bisanya kapan. Lagi pula kamu juga udah tau rumahku kan”
Aku  :”Tau dari mana kamu alau aku tau rumahmu?”
Nina  :”Dari ayah”
Aku  :”Oh ya”
Nina  :”Aku duluan mau cari buku buat tugas kita nanti”
Aku  :”Aku boleh ikut?”
Nina :”Terserah kamu”
{dari tadi terserah terus, iya lah orang judul cerpennya TERSERAH}.
Pelajaran berlangsung lancar hari ini, aku tadi malem udah Tobat jadi nggak mau buat onar lahi. Kemarin udah puas khilafya.
Aku buru-buru pulang karena nanti sore mamu ngerjan tugas di rumah Nina. Jam udah menunjukan jam 15.30, masih capek rasanya. Tapi tak apalah dari pada tugas IPSnya nggak selesai. Habis mandi, ganti baju, langsung tancap gas. {kaya lagunya ENSO aja “tancap gas”}. Karena rumah Nina agak jauh dari rumahku, aku naik sepeda aja sekalian olahraga J. “Tok..tok..tok Assalamu’alaikum”;”Wa’alaikumsalam, eh kamu No, masuk”.
“Ini langsung mau nerjain tugas, Na”;”Terserah”. Dari pada aku dicutekin melulu mending langsung dibuat aja tugasnya. Nggak lama kemudian Bundanya Nina datang. Aku langsung nyapa bundanya Nina biar dianggep anak baik-baik gitu. Hehe JJJ. Nggak kerasa udah mau maghrib aja, aku langsung berpamitan untuk pulang. Sampai di rumah ternyata Ayah sudah pulang. Saatnya makan malam. Aku duduk di samping Ayah.
Ayah :”Nak, dua hari lagi kita akan pindah ke Solo”
Aku  :”Kenapa yah, padahal kita baru seminggu di sini. Lagi pula Tino betah kok di              sini”
Ayah :”Iya, Ayah tau itu. Tapi ayah ditugaskan untuk dinas ke Solo ”
Aku  :”Ya sudah yah. Tino mau ke kamar dulu, udah ngantuk”
Ayah :”Sepertinya anak kita marah, Bun”
Bunda      :”Itu hal yang wajar yah. Nanti juga sembuh sendiri marahnya”
Pembicaraan waktu itu membuatku sedih, karena sudah banyak pengalaman yang aku dapat. Baru kali ini aku nggak setuju kalau pindah. Nangis deh LL. Nggak papa sekali doang nangisnya.
Esok harinya...
Bel istirahat udah berbunyi. Aku ngajak Nina dan Tino pergi ke kantin, buat ngomongin semua ini.
“Ma’afin aku ya !! kalau selama aku jad teman kalian sering buat salah sama kalian”. Mereka mengerutkan dahi. Bingung mungkin dengan perkataanku yang tadi. “Emang kamu mau kemana, Tin ??”, jawab mereka serentak. Aku bilang kalau besok aku mau pindah ke Solo. “Lhoh Tin kenapa buru-buru sih ?”, tanya Tino. Aku coba jelasin ke mereka, cuma Tino yang kelihatannya nggak rela kalau temannya yang ganteng ini mau pindah { PD abis J}. Kalau Nina sih nggak begitu merasa kehilangan.
Aku  :”Na, kenapa kamu kelihatannya seneng kalau aku pindah ?”
Nina  :”Karena nggak ada lagi yang ganggu waktuku di rumah, nggak ada yang selalu tanya tugas, nggak ada yang selalu bilang aku cutek, nggak ada yang selalu tanya saat pelajaran Pkn.”
Aku  :”Oh itu, kamu tetep mau jadi temenku kan ?”
Nina  :”Memang kita pernah temenan. Kapan kamu ajak aku temenan ?”
Aku  :”Hehe J, memang belum sih. Jangan-jangan itu yang buat kamu jadi cutek sama aku ?”
Nina  :”Kalau iya, kenapa ?”
Aku  :”Iya sudah, gini dehh. Kamu mau nggak jadi temenku ? Jarang lho aku bilang kaya gini sama cewek”
Nina  :”Terserah kamu”
Aku  :”Kalau terserah aku bearti mau donk. Ya udah gini deh aku traktir makan di kantin sepuasnya. Sekalian buat ngerayain Hari Persahabatan kita”
Nina dan Tino:”Itu yang kita tunggu. Hahaha JJ
Mulai dari sekarang, kami sudah berteman. Bel masuk sudah berbunyi, saatnya pelajaran lagi.
Saatnya pulang. Hari ini aku pulang bersama Tino dan Nina, “Karena besok hari minggu, aku mau kalian berdua besok nganterin aku ya.”;”Kemana??”
“Ke laut.”;”Ok kalau begitu. Haha”.
Esok harinya...
Semua sudah siap. Tino dan Nina pun juga sudah datang. Ayah dan bundaku jalan duluan buat lihat semua barangnya udah pada kebawa atau belum. Aku berjalan menemui kedua sahabat terbaikku.
“Selamat tinggal kawan, kalian teman terbaikku” ;  “Aku akan merindukanmu, sobat”, saut Tino. Nina hanya menatapku. “Nin, kamu kenapa?”. Tiba-tiba Nina mendekapku sangat erat dan keluar air mata dari mata seorang cewek cutek itu {Peristiwa langka niih}. “Aku nggak mau kehilangan kamu. Aku sayang kamu No” ; “Iyya aku tahu, aku janji aku akan sering main ke sini.OK.”
Semua berlangsung haru. Tino yang badannya gede kaya gitu aja nangis juga. Ayah sudah memanggilku dan saatnya aku untuk berangkat. Aku beteriak dari dalam mobil. “Ini bukan akhir dari segalanya, teman. Aku sayang kalian”
Bye Nina, Tino dan juga kenanganku. Tak akan pernah aku lupakan kalian.

 {Its not easy to say “Good bye, friend”}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar